Minggu, 26 Desember 2010

Memilih Teman Curhat

Entah kesambet makanan apa sampe saya mau bahas ini. Well, semua orang pasti punya masalah, kan? Terkadang kita butuh teman untuk berbagi, memberi solusi, atau sekadar minta didengarkan. Karena masalah yang dipendam itu ga akan baik buat diri kita sendiri.

Tapi kita juga harus pinter² milih teman curhat. Teman curhat yang baik adalah orang yang bisa mendengarkan dan (sebaiknya) bisa memberi solusi.

Saya punya pengalaman, curhat sama 3 orang yang berbeda (tbh saya tukang curhat) dengan 1 masalah yang sama. Tapi mereka punya tipe yang berbeda.

Tipe 1 :
temen saya ini udah cukup dekat sama saya. Dia melihat masalah dari sisi saya makanya dia seolah membenarkan semua argumen saya. Tbh, orang yang seperti inilah yang saya suka. Orang yang membela saya. Haha. Tapi sebenernya teman curhat macam ini malah bikin saya makin arogan sama egois, bikin saya mikir bahwa saya yang selalu benar. Heheh…

Tipe 2 :
temen yang satu ini juga udah lumayan deket sama saya, tapi dia melihat masalah dari sisi yang berlawanan. Jadi seolah² saya yang selalu salah. Dia ga pernah membenarkan argumen saya. Tipe yang kek gini yang bikin saya males curhat. Tapi sebenernya bagus juga biar saya ga mikir egois dan berkaca mungkin memang benar saya yang salah. Tapi tetep aja curhat ma temen yang punya tipe 2 malah ga bikin hati jadi adem.

Tipe 3 :
Nah yang satu ini bukanlah temen deket saya. Istilahnya dia cuma teman biasa tapi secara ga sengaja saya bicara soal masalah saya. Orang ini melihat masalah dari 2 sisi. Dia kasih 2 pandangan, awalnya dari sisi berlawanan terus dia melihat dari sisi saya dan bilang ga salah juga kalo saya ngerasa demikian. Yah intinya orang ini ga menyalahkan tapi juga ga membenarkan argumen saya. Dan temen curhat yang macam inilah yang baik. Dia ngasih argumen dari sisi berlawanan biar saya bisa introspeksi diri dan juga melihat dari sisi saya biar seolah² dia juga ngerasain apa yang saya rasakan, dan hal itu memang wajar.

So, sebaiknya cari teman curhat yang tipe 3. Tapi tergantung pikiran masing² sih. Tapi kalo milih temen curhat tipe 1 justru bikin kamu ga dewasa. Kalo milih temen curhat tipe 2 malah bikin kamu ngerasa rendah diri dan serba salah. Yeap it depends your needs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar